WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabung dengan 69 pelanggan lain

Backup Your Firefox’s Bookmarks

Posted by Arulmaster pada 16 Februari 2012


Bagi yang sering bowsing, googling, surfing maupun blogwalking tentu sudah tidak asing lagi dengan apa yang namanya ‘Bookmarks’. Ya, Bookmarks  dipakai untuk menandai dan menyimpan halaman web layaknya kita menyimpan catatan penting di sebuah buku. Letaknya ada di menu menu bar, dibawah title bar atau judul web yang sedang dibuka.

Bagi yang belum mengerti fungsi Bookmark, saya kasih contoh. Jika anda menemukan sebuah web yang anda anggap menarik untuk anda buka lagi di lain waktu, misalkan https://masarulnasgor.wordpress.com. Cukup dengan klik Bookmarks>Bookmark This Page. Maka akan tampil jendela ‘Edit This Bookmark’. Secara otomatis akan menampilkan judul halaman yang sedang anda buka. Judul halaman bisa anda ubah atau dibiarkan, kemudian klik ‘Done’ yang artinya selesai. Ketika anda membuka kembali Firefox lagi di lain waktu, cukup cari saja di Bookmarks. Jika jumlah halaman web cukup banyak, anda bisa membuatkannya folder-folder layaknya folder di dalam My Komputer.

Bookmarks di Firefox juga bisa mengimpor bookmarks dari browser lain seperti Internet Explorer. Caranya, klik Bookmarks>Show All Bookmarks (Ctrl+Shift+B)>Import And Backup>Import Bokkmarks From Another Browser.

Satu hal lagi yang paling penting, membuat backup atau salinan dari bookmarks untuk menghindari kehilangan data-data bookmark anda. Caranya, klik Bookmarks>Show All Bookmarks (Ctrl+Shift+B)>Import And Backup>Backup, beri nama datanya, dan simpan di direktori pilihan anda. Datanya berekstensi ‘JSON’. Kemudian copy ke flashdisk atau ke tempat lain.

Ketika bookmark terhapus atau Firefox terinstall ulang, anda bisa meng-copy kembali ke bookmarks Firefox. Caranya, klik Bookmarks>Show All Bookmarks (Ctrl+Shift+B)>Import And Backup>Restore>Choose File, pilih data yang berekstensi ‘JSON’ tadi.

Restore Bookmarks

Setelah mengerti dasar-dasar backup bookmarks, sekarang anda tidak perlu takut lagi kehilangan jejak dari halaman web pavorit anda.

Artikel Terkait:

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.