WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Hati-hati Mendesain Blog Anda

Posted by Arulmaster pada 24 April 2012


Setelah sepekan lamanya saya baru kembali menulis artikel. Ini bukan karena saya menghentikan aktifitas dalam dunia blogging. Dalam sepekan terakhir aktifitas saya adalah mendesain blog saya sendiri seperti menambahkan background pada artikel, mengganti font default alias bawaan dari tema, membuat banner, dan mengedit ulang sebagian artikel lawas. Blog saya banyak dengan artikel cara mendesain komputer, tetapi rasanya kurang sesuai jika keadaan blog saya sendiri terkesan tanpa desain.

Ngomong-ngomong soal mendesain blog sendiri, saya jadi ingat saat melakukan blogwalking ke blog-blog teman-teman di luar sana. Namanya desain blog boleh dibilang “wajib”. Karena ini untuk menunjukkan identitas pemilik blog sekaligus memang untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Tetapi beberapa blog saya lihat kurang memperhatikan efek dari desain yang mereka buat.

  1. Blog dengan full desain yang berlebihan

    Ini yang paling banyak saya temukan. Blog memang terlihat cantik memukau. Efek dari blog semacam ini adalah berat pada saat dimuat. Idealnya, halaman blog harus terbuka sempurna dalam 5-15 detik pada koneksi Internet standar. Blog dengan full desain berlebihan akan memakan waktu 3-5 menit untuk terbuka sempurna pada kecepatan koneksi Internet standar. Bayangkan kalau pengunjungnya tidak sabar, mereka bisa beralih ke blog yang lain. Yang sabar menunggu pun terkadang kesal, iya kalau isi artikelnya ternyata tidak sesuai dengan yang dicari, bayangkan, mereka sudah capai menunggu. Blog semacam ini hanya cocok untuk pengguna Internet dengan koneksi cepat.

  2. Blog dengan animasi melayang dengan ukuran cukup besar

    Animasi melayang artinya saat kita scroll ke bawah atau ke atas halaman blog, animasi tersebut akan tetap diam di tempat. Blog semacam ini juga tidak sedikit saya temui. Kalau animasi yang dipasang berukuran kecil mungkin tidak terlalu mengganggu. Tapi jika ukurannya lumayan besar, tentu akan mengganggu kenyamanan pengunjung dalam membaca isi artikelnya. Saya jadi kebayang saat saya nonton bioskop. Walau pun ukurannya cukup lebar, tapi tetap saja tidak nyaman seandainya ada kepala penonton lainnya nongol menghalangi pandangan saya. Dan blog seperti ini akan cocok dengan pemiliknya saja.

  3. Blog dengan pemutar musik otomatis

    Yang ini memang jarang saya temukan. Kita mestinya tahu, bahwa selera musik setiap orang tentunya akan tidak sama. Meskipun jenis musik itu paling digemari sekalipun, tetap saja ada yang tidak menyukainya dan akan membuatnya tidak nyaman. Contohnya pengalaman saya, ketika sedang asyik blogwalking sambil mendengarkan musik kesayangan saya, tiba-tiba muncul suara musik dari blog yang saya kunjungi. Kan jadi bentrok. Meskipun keduanya sama-sama bagus, tetap saja tidak nyaman saat dimainkan bersamaan. Apalagi jika musiknya bukan sesuai selera saya. Blog beginian bisa pas dengan pengunjung yang memiliki selera musik yang sama dengan pemilik blog, atau pengunjung yang tidak sedang mengaktifkan sound system-nya, jadi mereka tidak akan tahu bahwa blog yang sedang dikunjungi memutar musik.

  4. Blog dengan susunan artikel tidak teratur

    Mungkin bagi sebagian orang, ini tidak termasuk dalam desain blog. Tapi bagi saya artikel yang disusun secara menarik susunan tulisannya, sesuai dengan aturan, memperhatikan tanda baca, tidak terlalu banyak kata yang disingkat, teratur dalam menulis kalimat dan paragrap, tidak digaya seperti menyusun kata dengan perpaduan huruf besar dan kecil seperti penulisan SMS remaja jaman sekarang, adalah bagian dari desain blog. Selain itu, susunan penulisan akan mengidentifikasi seperti apa penulisnya. Memiliki blog tidak perlu seorang yang terpelajar. Tetapi jika sering membaca dan mempelajari susunan penulisan yang benar pada blog lain mungkin akan terbiasa dengan ini. Dan blog seperti ini belum cocok untuk siapa pun dan perlu diperbaiki.

Beberapa Widget Yang Tidak Perlu Dipasang Pada Sidebar

  1. Jam dan atau kalender

    Jam dengan animasi memang indah. Tapi hanya itulah tujuannya. Karena jam dan kalender yang ditampilkan di sini bukan pada fungsi sebenarnya yaitu menunjukkan waktu. Karena pada setiap media, misalnya komputer, sudah ada. Bahkan jam dan kalender yang dipasang pada sidebar akan menyesuaikan dengan media yang dimiliki pengunjung. Jadi, hematlah tempat pada sidebar untuk yang lebih penting.

  2. Daftar artikel

    Daftar artikel memang penting. Tetapi tidak harus dipasang di sidebar. Anda bisa memasang pada menu blog. Atau nanti saya akan share tentang cara membuat daftar artikel yang baik.

  3. Silahkan berdiskusi untuk mengisi nomor ini dan nomor selanjutnya

Artikel ini bersifat dadakan, jika ada kekurangan mungkin akan saya lengkapi di lain waktu. Mungkin bagi para senior bisa menambahkan masukan untuk artikel ini. Dan artikel ini saya kategorikan sebagai “Opini Saya”, tidak bermaksud menyerang orang lain, sekedar memberi masukan yang mungkin dapat diterima. Dan Anda boleh memyangkal opini saya dengan opini Anda sendiri.

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: