WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

System Restore: Mengembalikan Komputer Ke Tanggal Tertentu

Posted by Arulmaster pada 2 Mei 2012


Pernahkah Anda mengutak-atik komputer lalu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan? Misalnya Anda telah mengubah setting kemudian komputer tidak dapat bekerja secara normal. Atau Anda menginstal perangkat lunak tapi komputer Anda malahan menjadi error. Atau hal-hal lainnya yang intinya Anda tidak menginginkannya setelahnya.

Anda dapat menggunakan System Restore untuk membatalkan perubahan yang merusak komputer serta memulihkan settingan dan kinerja komputer. System Restore mengembalikan kondisi komputer ke waktu sebelumnya (dinamakan titik pemulihan) tanpa menyebabkan Anda kehilangan hasil kerja seperti dokumen tersimpan, riwayat, dan sebagainya.

Perubahan yang dibuat oleh System Restore komputer dapat dikembalikan sepenuhnya.

Komputer akan otomatis membuat titik pemulihan (dinamakan titik periksa sistem), tetapi Anda dapat menentukan titik pemulihan Anda sendiri. Ini berguna jika Anda ingin melakukan perubahan besar pada sistem. Seperti menginstal program baru atau mengedit registri.

Cara Melakukan System Restore

Cara melekukan System restore sangat mudah. Klik Start > All Program > Accesories > System Tool > System Restore. Wisaya System Restore akan terbuka. Di sebelah kiri, Anda dapat melakukan setting jika Anda ingin. Untuk memulai pemulihan, ada 2 tugas yang dapat Anda pilih.

  1. Pulihkan komputer ke waktu sebelumnya
    Pilih ini jika Anda ingin memulihkan komputer pada waktu tertentu. System Restore akan menampilkan kalender. Pada bagian yang memiliki titik pemulihan akan ditebalkan. Daftar ini menampilkan semua titik pemulihan yang tersedia untuk tanggal terpilih (yang ditebalkan).
    Jika Anda telah menentukan titik pemulihan, klik Next. Wisaya akan mengonfirmasi Anda dan meminta Anda untuk menutup semua program yang terbuka. Klik Next lagi. Restore System perlu waktu untuk mengumpulkan informasi tentang titik pemulihan terpilih sebelum mematikan komputer. Selama proses pemulihan, Restore System akan mematikan Windows. Setelah pemulihan selesai, Windows akan restart dan kembali ke tanggal yang ditentukan. Ini berarti Restore System telah berhasil.
  2. Buat titik pemulihan
    Pilih ini jika Anda ingin membuat titik pemulihan sendiri pada waktu-waktu selain dari yang dijadwalkan komputer. Ketik keterangan pada kotak yang tersedia. Pastikan Anda mengingatnya jika seandainya komputer akan dikembalikan ke titik pemulihan ini. Tanggal dan waktu otomatis akan ditambahkan. Titik pemulihan ini tidak dapat Anda ubah setelah dibuat. Lanjutkan dengan mengklik Create.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • System Restore juga dapat memulihkan virus.
  • System Restore tidak memulihkan file yang terhapus.
  • System Restore akan menghapus program yang terpasang, jika komputer dikembalikan sebelum program tersebut dipasang.
  • System Restore tidak dapat menghapus file, meski file tersebut dibuat sesudah waktu yang ditentukan untuk pemulihan sistem.

Semoga Informasi Ini Bermanfaat

About these ads

2 Tanggapan to “System Restore: Mengembalikan Komputer Ke Tanggal Tertentu”

  1. Rey berkata

    Bang Admin: laptop q OS nya Windows 8 trus saya backup d harddisk external. kemudian saya ganti/ instal ulang OS nya menjadi Windows 7. pertanyaannya … Apakah OS Windows 7 akan berubah menjadi Windows 8 lagi setelah saya restore data” tadi dari hard disk yg tadinya back uppan dari Windows 8 ?

  2. Jaka berkata

    nice sharing,, aku jadi tau sekarang deh,, thanks

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: