WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Cara Back Up File Penting Di Komputer

Posted by Arulmaster pada 3 Februari 2012


Saya punya pengalaman mengecewakan dengan komputer saya. Saat pertama kali memiliki komputer, saya begitu awam dengan komputer. Setahu saya, komputer ya komputer, yang penting bisa saya pakai. Setelah 6 bulan, tiba-tiba harddisc ngadat dan harus diganti. Yang paling saya kecewakan adalah hilangnya semua file yang saya kumpulkan selama 6 bulan. Bukan cuma waktu, tenaga yang sia-sia tapi materi juga karena sebagian file saya peroleh dengan jalan membeli. Sejak itulah saya baru sadar arti pentingnya back up.

Definisi dari back up sendiri adalah membuat salinan file dengan tujuan apabila di kemudian hari komputer mengalami kerusakan dan semua file hilang, kita masih punya salinannya. Intinya, back up itu bertujuan untuk mengamankan file.

Disini saya akan berbagi informasi tentang cara memback up file. Ada beberapa cara untuk memback up file, tapi cukup 2 saja yang akan saya sampaikan, yaitu:

  1. Back up ke perangkat keras lain. Contohnya ke dalam CD/DVD RW, flashdisc atau perangkat keras lainnya. Yang saya anjurkan adalah dengan CD/DVD RW, karena memiliki beberapa keuntungan yaitu harga yang murah sehingga anda bisa mengelompokkan file sesuai keinginan dengan beberapa CD/DVD RW. Anda tinggal memberi label pada masing-masing CD/DVD RW. Untuk memindahkan file ke CD/DVD RW, anda memerlukan software semacam Nero  untuk memburning file ke CD/DVD RW.
  2. Back up online ke penyedia layanan upload file. Fasilitas ini biasanya gratis diberikan oleh penyedia layanan dan anda mendapat kapasitas penyimpanan file yang cukup besar. Salah satu contoh penyedia layanan ini adalah www.4shared.com. Kapasitas yang diberikan mencapai 100 Gb. Cukup dengan mendaftar maka anda bisa memiliki akun di 4shared.com. Setelah itu anda bebas mengapload file kapan saja, dan jika anda memerlukannya bisa didownload kapan saja.

Itulah 2 cara membackup file yang saya ketahui. Jika memungkinkan, ada baiknya kedua cara di atas anda pakai. Karena yang namanya salinan, lebih banyak akan lebih baik. Selain itu, untuk memperkecil kekurangan dari masing-masing cara di atas.

Uraian di atas mungkin kurang lengkap. Jika ada pertanyaan, silakan kirimkan lewat kotak komentar di bawah ini.

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: