WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Pentingnya Defragmentasi Pada Komputer Atau Laptop

Posted by Arulmaster pada 27 Februari 2012


Pengertian defragmentasi.

Defragmentasi adalah sebuah proses untuk menangani berkas-berkas yang mengalami fragmentasi. fragmentasi adalah sebuah fenomena di ruang penyimpanan yang digunakan secara tidak efisien, menyebabkan pecahan-pecahan berkas sehingga mengurangi kapasitas penyimpanan. Sebuah berkas dikatakan terfragmentasi mana kala berkas tersebut tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam penyimpanan fisik. Fragmentasi dapat menyebabkan subsistem media penyimpanan melakukan operasi pencarian data yang lebih banyak, sehingga berkas terfragmentasi dapat memperlambat kerja sistem, khususnya pada saat melakukan operasi yang berkaitan dengan media penyimpanan.

Dengan kata lain, defragmentasi adalah menyatukan kembali pecahan-pecahan berkas agar mudah dicari oleh system yang pada akhirnya akan mengoptimalkan kinerja system.

Sebab fragmentasi.

Fragmentasi bisa di sebabkan karena:

  • Pengguna membuat berkas, partisi di mana pengguna hendak menyimpan berkas tersebut tidak memiliki unit alokasi yang saling berdekatan yang cukup besar untuk menyimpan berkas yang bersangkutan. Sistem berkas akan memecah berkas tersebut ke dalam beberapa fragmen (yang setiap fragmennya berukuran sama dengan ukuran unit alokasi), sebelum disimpan dalam media penyimpanan.
  • Pengguna menyunting berkas, berkas tersebut ternyata “membengkak” melebihi unit alokasi yang sebelumnya dialokasikan oleh sistem berkas terhadap berkas yang bersangkutan. Ketika sebuah berkas menghabiskan semua unit alokasi yang telah dialokasikan, maka sistem berkas akan mengalokasikan tambahan unit alokasi yang didapat dari unit alokasi yang belum dialokasikan (masih bebas), di lokasi yang kadang berdekatan, atau kadang-kadang berjauhan. Pada saat lokasi yang dialokasikan sistem berkas saling berjauhan, maka dapat dikatakan bahwa berkas tersebut terfragmentasi, karena berkas disimpan dalam beberapa fragmen yang tidak disusun secara berdekatan. (Referensi: Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas).

Untuk melakukan defragmentasi pada Windows XP, klik Mulai>Semua Program>Aksesori>System Tool>Pendefragmentasi Diska.

Setiap sebelum melakukan defragmentasi, pilih ‘Analisa’  dulu pada setiap disk  apakah benar-benar perlu untuk melakukan defragmentasi ataukah tidak. Saat proses berlangsung, sebaiknya tidak ada data atau aplikasi yang terbuka untuk mengoptimalkan hasil. Lama prosesnya tergantung dari besarnya data.

Catatan : Anda dapat melihat artikel yang lebih baru Cara Mudah, Cepat dan Efisien Defragmenting Hard Disk.

Artikel Terkait:

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: