WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Cara Memeriksa Hard Disk Untuk Menemukan Kesalahan Dan Memperbaikinya

Posted by Arulmaster pada 12 April 2012


Dalam bab-bab berikut, Anda akan menemukan bagaimana Anda dapat menganalisis drive Anda menggunakan  modul TuneUp Disk Doctor pada TuneUp Utilities 2012 dan mengapa penting untuk melakukannya.

Bagi yang belum memiliki, Anda bisa men-download-nya pada artikel Download Gratis TuneUP Utilities 2012 Full Version Plus Serial Key. Atau jika Anda sudah memiliki TuneUp Utilities 2012 tapi masih vesi trial, lihat Download Gratis Keygen : Cara Mengubah TuneUp Utilities 2012 Trial Version Menjadi Full Version.

Pengenalan

Ketika bekerja dengan komputer Anda, file terus-menerus dibaca dan ditulis – terlepas dari apakah Anda mengedit dokumen teks, melihat gambar atau hanya memulai aplikasi. Jendela menempatkan semua file khusus dalam mengajukan sistem untuk memungkinkan akses cepat ke semua informasi yang diperlukan setiap saat.

Informasi lebih lanjut tentang file sistem

File systems melacak setiap file dan folder pada drive dan menyimpan informasi tentang obyek seperti mereka nama, ukuran, tanggal akses terakhir, lokasi dan banyak lagi.

Sistem file yang digunakan oleh Windows untuk hard drive, USB flash drive, kartu memori (seperti yang digunakan oleh digital kamera) dan disket disebut FAT dan NTFS. Yang lebih baru dari kedua sistem file, NTFS, memungkinkan Anda untuk menyimpan tambahan informasi seperti otorisasi akses dan lebih cocok untuk ukuran disk modern daripada FAT.

Seiring waktu, kesalahan dapat terjadi dalam sistem rumit ini – karena cacat pada drive yang digunakan, listrik padam atau program crash. Jika kesalahan ini tidak cepat ditemukan dan diperbaiki, ini dapat menyebabkan pesan kesalahan, masalah dengan program dan, dalam kasus terburuk, kehilangan total data penting.

TuneUp Disk Doctor melakukan analisis mendalam tentang drive Anda dan sistem file mereka. Jika ada kesalahan yang ditemukan selama analisis, mereka dapat diperbaiki secara otomatis. Ini adalah bagaimana Anda menjaga terhadap kehilangan data.

Bagaimana Periksa Hard Disk Anda

  1. Buka modul TuneUp Disk Doctor dengan cara klik  Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp Disk Doctor.
  2. Pilih drive yang akan diperiksa oleh TuneUp Disk Doctor dan klik Next.
  3. Pilih Normal analysis atau Thorough analysis.
    Karena Thorough analysis dapat memakan waktu yang lama untuk drive besar, Normal analysis dapat dipilih untuk drive yang cukup dalam banyak kasus – ini biasanya memakan waktu 1-2 menit.
    Namun, jika kesalahan terjadi pada sistem Anda atau laporan masalah Windows dengan membaca atau menulis data, Thorough analysis dianjurkan.
    Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang proses Normal vs. Thorough Analysis di bawah.
  4. Klik Next untuk memulai analisis.
    Selama analisis, TuneUp Disk Doctor menyediakan Anda dengan tampilan grafis dari kemajuan. Kotak-kotak ditampilkan mewakili penggunaan ruang dari drive yang diperiksa.
  5. Jika tidak ada kesalahan telah ditemukan, klik Finish untuk keluar dari modul.

Dalam beberapa kasus perlu me-restart komputer Anda untuk berhasil menyelesaikan analisis atau memperbaiki proses. Hal ini dapat terjadi, misalnya, ketika program aktif atau Windows itu sendiri menggunakan drive terpilih dan dengan demikian mencegah TuneUp Disk Doctor dari memiliki akses eksklusif.

Jika sistem me-restart diperlukan, TuneUp Disk Doctor akan menunjukkan pesan yang sesuai. Anda dapat kemudian memutuskan apakah restart diperlukan harus dilakukan segera atau jika Anda ingin melakukan restart sistem sendiri di lain waktu.

Normal vs. Thorough Analysis

Normal Analysis

Normal analysis memakan waktu sekitar. 1-2 menit dan umumnya cukup.

Analisis biasa dilakukan dalam beberapa tahap.

Thorough Analysis

Thorough analysis mencakup semua langkah Normal analysis. Selain itu, drive Anda akan diperiksa untuk fisik yang cacat.

Ruang penyimpanan pada drive dibagi menjadi apa yang disebut sektor, yang biasanya 512 byte dalam ukuran masing-masing. Agar dapat mendeteksi cacat fisik pada drive, Thorough analysis memeriksa kinerja dari masing-masing sektor.

Panjang analisis ini tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran drive dan tingkat fragmentasi. Anda harus memungkinkan setidaknya 5 sampai 20 menit.

Langkah-langkah Yang Mungkin Dilakukan

Normal dan thorough analysis

Memeriksa file dan folder (NTFS dan FAT)
Setiap elemen dalam sistem file dicentang. Program ini memastikan bahwa struktur dari semua file dan folder sudah benar.

Memeriksa indeks (NTFS saja)
Indeks adalah referensi untuk folder dalam sistem file NTFS. Jika salah satu indeks rusak, folder yang berhubungan tidak akan ditampilkan dalam sistem file. Jika salah satu file atau folder tiba-tiba “menghilang”, ada kesempatan baik bahwa mereka akan kembali setelah memperbaiki sistem file.

Memeriksa keamanan deskriptor (NTFS saja)
File dan folder dalam sistem file NTFS biasanya dilindungi oleh deskriptor keamanan yang mencegah diakses oleh pengguna yang tidak sah. Selama analisis, kesalahan dalam penjelasan ini akan ditemukan dan diperbaiki.

Hanya thorough analysis

Memeriksa file data (NTFS saja)
Semua sektor dari disk yang saat ini berisi file diperiksa. Ini akan memastikan bahwa tidak ada kesalahan membaca terjadi ketika bekerja dengan file, jika sektor ditemukan yang memerlukan beberapa upaya untuk berhasil membaca data, file data yang ada akan dipindahkan ke sektor yang bebas dari kesalahan. Sektor ini kemudian ditandai sebagai yang cacat. Hal ini mencegah masalah masa yang akan datang.

Memeriksa disk bebas ruang (NTFS dan FAT)
Semua sektor drive yang tidak berisi file-file akan diperiksa agar bebas dari kesalahan pembacaan. Jika kesalahan terjadi selama analisis ini, sektor tersebut akan ditandai sebagai yang cacat untuk mencegah file dari disimpan di masa akan datang.

Informasi Penting !

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara menggunakan modul TuneUp Utilities 2012 lainnya, Ada dapat lihat artikel Panduan Menggunakan TuneUp Utilities 2012 Berbahasa Indonesia. Artikel ini membahas semua fungsi dan cara menggunakan semua modul yang terdapat pada TuneUp Utilities 2012.

Satu Tanggapan to “Cara Memeriksa Hard Disk Untuk Menemukan Kesalahan Dan Memperbaikinya”

  1. Nice info..
    Saya jadi paham,thanks

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: