WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Cara Membersihkan Registry Dengan TuneUp Registry Cleaner

Posted by Arulmaster pada 8 April 2012


Dalam bab-bab berikut, Anda akan mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakan modul TuneUp Registry Cleaner pada TuneUp Utilities 2012 untuk membersihkan registry dan mengapa penting untuk melakukannya.

Bagi yang belum memiliki, Anda bisa men-download-nya pada artikel Download Gratis TuneUP Utilities 2012 Full Version Plus Serial Key. Atau jika Anda sudah memiliki TuneUp Utilities 2012 tapi masih vesi trial, lihat Download Gratis Keygen : Cara Mengubah TuneUp Utilities 2012 Trial Version Menjadi Full Version.

Catatan : Semua modifikasi sistem anda akan dipantau oleh TuneUp Rescue Center dan dapat dibatalkan jika diperlukan.

Pengenalan

Registri adalah jantung dari sistem Windows. Ini adalah di mana Windows terus menyimpan entri (nilai dan kunci). Selain itu, setiap program yang baru diinstal dan setiap item perangkat keras yang baru terhubung dimasukkan dalam registri yang menyimpan kunci dan nilai. Ketika Anda memulai sebuah program, Windows tidak memanggil program ini secara langsung.

Sebaliknya membuka program menggunakan kunci dalam registri, yang diciptakan di sana ketika program ini diinstal. Catatan ini juga harus dihapus dari registri ketika program di-uninstall karena tidak lagi diperlukan. Hal ini sering terjadi, bagaimanapun, bahwa Windows tidak menghapus entri ini dengan benar, dimana entri besar yang salah banyak dibangun dari waktu ke waktu.

Entri tersebut tidak hanya dibuat ketika program ini terinstal, tetapi juga selama tugas-tugas lainnya. Sebagai contoh, daftar sejarah dokumen baru digunakan dalam menu Start yang bekerja menggunakan entri dalam registri. Referensi ini menjadi tidak valid ketika Anda memindahkan atau menghapus dokumen. Karena Windows tidak membersihkan registri secara teratur, kami menyarankan Anda melakukannya sendiri dengan TuneUp Registry Cleaner.

Dengan membersihkan registri Anda secara teratur seluruh sistem Anda dan semua program-program anda akan lebih stabil. Inilah sebabnya mengapa ini adalah salah satu fungsi TuneUp Utilities yang juga dapat berjalan teratur sebagai bagian dari Automatic Maintenance.

Sebelum pembersihan dapat terjadi, registri harus diperiksa untuk masalah. Anda dapat memperbaiki sekaligus atau individual.

Cara Bersihkan Registry

  1. Buka modul TuneUp Registry Cleaner dengan cara klik  Start > All Program > TuneUp Utilities 2012 > All Function > TuneUp Registry Cleaner.
  2. Pertama, registri Anda harus diperiksa untuk masalah. Pilih salah satu dari dua jenis scan:
    1. Full Scan
      Sebaiknya scan lengkap karena ini memeriksa seluruh registri untuk masalah.
      Anda dapat menemukan informasi tentang apa sebenarnya yang dipindai di bawah: Apa yang Diperiksa?
    2. Custom Scan
      Informasi lebih lanjut tentang bidang apa yang dapat Anda pilih untuk ini dapat ditemukan di bawah: Apa yang Diperiksa? Scanning registri dapat berlangsung beberapa menit. Sementara scan sedang dalam proses, Anda dapat memonitor kemajuannya.
  3. Jika ditemukan masalah, Anda memiliki dua pilihan:
    1. Display problems
      Klik Display problems untuk menampilkan deskripsi rinci dan mengecualikan masalah individu dari pembersihan.
    2. Fix Problem Immediatelly
      Pilih Fix problems immediately dan klik Next untuk memperbaiki semua masalah yang terdeteksi segera. Registri Anda sekarang bebas dari semua pemberat yang tidak perlu dan sistem anda lebih stabil.

Jika setelah pembersihan selesai, tombol Check again muncul, cari tahu informasi lebih lanjut di sini:

Check again

Kadang-kadang,  tombol Check again muncul dan wizard menyarankan Anda memeriksa sistem anda lagi. Ini selalu terjadi jika entri baru di registri yang telah dibuat tidak sah oleh pembersihan. Hal ini bukan kesalahan dalam modul, tetapi reaksi berantai yang dapat terjadi terutama dalam komponen area Program components dan File types .

Contoh:

Pada registry, entri poin A ke B masuk, yang pada gilirannya poin ke file X hilang. Pada scan pertama, TuneUp Registry Cleaner menentukan bahwa entri B tidak valid karena file X tidak dapat ditemukan. Entri B dihapus selama pembersihan. Hal ini pada gilirannya membuat sebuah entri A tidak  valid, karena menunjuk ke entri B yang sekarang dihapus.

  1. Klik Check again.
    Kedua kategori ini saja yang akan dianalisis lagi.
  2. Klik Finish untuk menutup wizard.

Ulangi pembersihan sesering yang diperlukan. Begitu ada masalah baru yang ditemukan, Anda dapat keluar modul – dengan keyakinan bahwa Anda telah menghapus banyak sampah dari sistem anda.

Jika tidak ada masalah ditemukan, klik Finish. Ini akan membawa Anda ke jendela utama TuneUp Registry Cleaner.

Apa yang Diperiksa?

Tabel berikut menunjukkan di bidang apa TuneUp Registry Cleaner cek registri selama full scan. Anda dapat memilih dari saat pemindaian yang ditetapkan pengguna.

  • Audible Sinyal
    Untuk acara sistem atau program tertentu seperti pesan error, file suara yang dimainkan. Ini adalah bermain dengan mengakses entri yang sesuai pada registri, namun entri-entri file suara yang tidak valid sekali tidak ada lagi.
  • Startup Program
    Banyak program dijalankan secara otomatis bersama dengan Windows (misalnya virus scanner). Ini terjadi melalui entri di bagian startup dari registri. Ketika program seperti yang dihapus,entri ini sering tidak dihapus.
  • File Types
    Entri di daerah ini dari link registri ekstensi file satu atau lebih (misalnya. Txt atau. Doc) dengan berbagai informasi (seperti program yang harus digunakan untuk membukanya). Entri tersebut dapat menjadi valid melalui instalasi program, misalnya.
  • Database Driver
    Selama instalasi, beberapa program menyimpan entri pada Database Driver dan sumber data dalam registri. Entri tersebut dapat menjadi tidak sah melalui instalasi dari program-program atau pindah atau penghapusan sumber data individu. Sering kali, entri yang salah dibuat selama instalasi itu sendiri.
  • Common File
    Ini bagian dari registri berisi referensi ke file dan perpustakaan program (DLL), untuk beberapa yang program biasanya memerlukan akses. Ketika program tersebut dihapus, entri-entri ini sering tidak dihapus.
  • Help File
    Banyak catatan program dalam registri lokasi file bantuan mereka. Ketika program tersebut uninstall, entri-entri ini sering tidak dihapus.
  • Installed Program
    Setiap program meninggalkan sebuah entri di daerah registri. Daftar semua program di Control Panel dikompilasi dari entri-entri. Ketika program uninstall, entri-entri ini sering tidak dihapus dan inkonsistensi muncul dalam daftar ini.
  • Program Setting
    Setiap program yang diinstal pada komputer dapat membuat entri dengan program-spesifik informasi dalam registri (misalnya data atau program yang jalan). Ketika program uninstall, entri-entri ini sering tidak dihapus.
  • Program Extension
    Daerah ini registri berisi referensi untuk ekstensi seperti audio dan codec video atau Internet Explorer add-ons yang meningkatkan fungsionalitas dari program individu (misalnya dengan menu entri atau entri toolbar baru). Jika program-program atau ekstensi yang dihapus, entri ini sering tidak dihapus.
  • Program Component
    Banyak akses program Windows ActiveX dan komponen COM menggunakan entri dalam area registri ini. Entri tersebut diciptakan ketika program seperti ini telah terinstal, tetapi sering tidak dihapus selama instalasi. Beberapa program bahkan membuat entri yang tidak valid pada saat instalasi.
  • Program Paths
    Folder instalasi dari beberapa program yang disimpan dalam registri untuk memungkinkan program ini untuk dijalankan langsung melalui “Start -> Run”. Ketika program tersebut dihapus, entri-entri ini sering tidak dihapus.
  • Fonts
    Windows menyimpan entri di daerah ini dari registri untuk semua font yang terinstal pada komputer Anda. Sejak entri ini sering tidak dihapus bila font yang dihapus, Windows mencoba dengan sia-sia untuk memuat font-font ini setiap kali sistem dijalankan.
  • History List
    Windows dan banyak program memiliki daftar sejarah, yang log, misalnya, file mana yang terakhir kali kerjakan. Ini disimpan dalam registri sebagai referensi. Dengan menghapus atau memindahkan file, ini entri menjadi tidak valid.
  • Windows Firewall
    Windows Firewall menyimpan program yang dapat menerima koneksi jaringan yang masuk dan menyimpan entri untuk masing-masing dalam registri. Entri tersebut dapat menjadi salah atau tidak valid jika, Misalnya, salah satu program dihapus.

Harus jelas itu bahwa file yang dihapus dapat meninggalkan banyak “hantu” dalam registri. TuneUp Registry Cleaner menemukan semua entri yatim piatu dan dapat menghapusnya dengan cara yang ditargetkan. Oleh karena itu kami merekomendasikan Anda untuk melakukan full scan.

Fungsi Tambahan Dalam Menu Utama TuneUp Registry Cleaner

Menampilkan Rincian Dan Masalah Yang Tidak Termasuk Dari Cleanup

Jika Anda mengklik melalui berbagai area di kolom kiri, Anda akan melihat Explanation di bagian atas jendela, menjelaskan bagaimana masalah dapat terjadi di area yang bersangkutan.

Jika masalah ditemukan di suatu area, daftar masalah individu juga muncul dengan informasi lebih lanjut. Pilih masuk dalam daftar untuk menampilkan analisis yang lebih luas dari masalah.

Di sini Anda juga dapat mengecualikan masalah-masalah tertentu dari pembersihan dengan centang kotak centang yang relevan.

Perhatikan : Jika deskripsi masalah yang tidak terlihat, klik Details pada toolbar.

Fungsi Untuk Pengguna Lanjutan

Jika Anda yakin bahwa Anda ingin mengecualikan daerah masing-masing dari pembersihan, atau ingin melihat entri dalam registri atau bahkan mengeditnya, Anda akan menemukan fungsi berikut yang berguna:

Ignore Problem

Anda dapat menghapus masalah individu dari daftar sehingga mereka tidak ditemukan oleh analisis.

Untuk ini, lakukan langkah berikut:

  1. Pilih masalah dari daftar daerah yang sesuai.
  2. Pada menu Edit, pilih Ignore problem.

Anda juga bisa mendapatkan fungsi ini menggunakan menu daftar masuk konteks.

Included Ignore Problem Again

Jika Anda tidak ingin lagi untuk mengabaikan masalah, Anda dapat menambahkannya kembali ke analisis.

Untuk ini, lakukan langkah berikut:

  1. Dalam menu File, pilih Ignored problems.
  2. Sorot dalam daftar dan klik Remove.

Show Entries in the Registry

Dari daftar masalah rinci untuk suatu area, Anda dapat pergi langsung ke entri yang relevan dalam registri untuk setiap masalah.

Untuk ini, lakukan langkah berikut:

  1. Pilih masalah dari daftar.
  2. Pada menu Edit, pilih Problem details dan Go to key.

Anda juga bisa mendapatkan fungsi ini menggunakan menu konteks daftar masuk .

Mengedit Registry

Pada toolbar, klik Registry Editor untuk langsung memanggil modul TuneUp Utilities untuk mengedit registri.

Informasi Penting !

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara menggunakan modul TuneUp Utilities 2012 lainnya, Ada dapat lihat artikel Panduan Menggunakan TuneUp Utilities 2012 Berbahasa Indonesia. Artikel ini membahas semua fungsi dan cara menggunakan semua modul yang terdapat pada TuneUp Utilities 2012.

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: