WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 58 pengikut lainnya

Resep Soto Ayam Ala Mas Arul

Posted by Arulmaster pada 7 Februari 2012


Salah satu komponen penting dalam pembuatan soto ayam adalah kaldu ayam. Inilah yang akan dijadikan kuah soto. Kaldu ayam yang saya pakai menggunakan kunir sehingga warnanya menjadi kuning.

Sediakan 4 mangkok kaldu ayam, lengkapi kaldu ayam ini dengan bumbu-bumbu:

  1. 12 siung bawang merah.
  2. 4 siung bawang putih.
  3. 4 butir kemiri.
  4. Lada bubuk, secukupnya.
  5. Pala (boleh yang bubuk atau yang butiran)
  6. 1 batang sereh.
  7. Sedikit jahe, digeprek.
  8. Daun salam secukupnya.

Haluskan butir 1-3  diatas, lalu tumis dengan api kecil. Setelah masak, masukkan kaldu ayam, masukkan juga butir 4-8,  tunggu sampai mendidih. Kuah soto sudah jadi.

Sekarang kita siapkan bahan-bahan soto ayamnya:

  1. Ayam, disuwir atau diiris kecil.
  2. Sayuran: kol, tomat, bawang bombay, seledri semua dirajang kecil-kecil.
  3. Mie soun.
  4. Bawang goreng.
  5. Jika suka, tambahkan kacang kedelai goreng.

Setelah lengkap, siapkan 4 mangkok, isi dengan bahan-bahan diatas, tambahkan garam dan penyedap rasa, siramkan kuah yang masih panas tadi, taburkan bawang goreng.  Selesai. Untuk menemani soto ayam ini, Anda bisa pakai ketupat atau nasi. Waw, nikmat, bukan?

Pelengkap

Untuk melengkapi menu ini bisa dengan menambahkan sambal, saus dan kecap.

Catatan:

Anda bisa memodifikasi resep diatas sesuai selera Anda. Anda bisa menambahkan atau mengurangi bahan sesuai keinginan. Bahkan Anda bisa membuat soto jenis lain, misalkan soto daging, maka pakailah kaldunya sebagai kuahnya. Atau Anda ingin menambahkan santan? Sah-sah saja, karena Andalah yang akan  menikmatinya.

Akhir kata, selamat mencoba…..!!!

Artikel Terkait:

11 Tanggapan to “Resep Soto Ayam Ala Mas Arul”

  1. aldi said

    rsaanya enak gak? ☺ kirimi aku dong,resep masakan soto aaym terbaru

  2. Arulmaster said

    Kalau Anda membuatnya dengan sungguh-sungguh dijamin mantap, Gan. Itu yang tersedia di warung saya. Untuk resep soto ayam lainnya, aduh maaf, cuma itu saja yang saya bisa tulis. Mungkin bisa dicari di tempat lain. Trims.

  3. felisia said

    Kelihatannya sedap kok. masak mesti dengan hati juga, baru sedap

  4. Anonim said

    trus bahan 4 dan 5 kapan digunakan???

  5. Arulmaster said

    Sudah diralat. Terimakasih koreksinya.

  6. Anonim said

    kok lupa masukin kunyitnya …;-)

  7. Arulmaster said

    Memang tidak saya bahas di sini. Karena pada saat merebus ayam, kunyit sudah dicampurkan.

  8. kalau resep bikin kaldu ayamnya itu gimana?

  9. Arulmaster said

    Pakai kunyit, salam, sereh, jahe, lengkuas, garam. Atau sesuaikan dengan selera, bisa dimodif lagi. Kaldu ayam kan artinya air bekas rebusan ayam.

  10. Mantaabbsss…!!! kebetulan bini ane juga buat bumbu soto ayam siap saji.

  11. boleh dcoba nih buat dagang

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: