WARUNG INFOR NASI "MAS ARUL"

Tikungan Ceulibadak, Munjul, Jl. Ipik Gandamanah, Purwakarta, Jawa Barat

  • Oleh Arulmaster

  • Data 10 Pengunjung Terakhir

  • Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

    Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya.

Resep Bumbu Nasi Goreng, Mie Goreng, Dan Kwetiaw Ala Mas Arul

Posted by Arulmaster pada 7 Februari 2012


Bumbu nasi goreng, mie goreng dan kwetiaw yang saya buat adalah dalam skala besar yang sudah saya atur sedemikian rupa agar praktis dalam pemakaiannya termasuk garam dan penyedap rasa yang sudah terkandung di dalamnya. Jadi, saya tinggal memakainya karena sudah saya tempatkan dalam wadah takaran yang tepat dengan tujuan menjaga agar rasa tetap sama dari waktu ke waktu. Tapi jangan kuatir, saya tetap membocorkan resep nasi goreng saya kepada Anda.

Bumbu Nasi Goreng

Bahan-bahan:

  1. 100 gr bawang merah.
  2. 20 gr cabe merah, buang bijinya.
  3. 20 gr udang segar.
  4. 20 gr kemiri.
  5. 25 gr bawang putih, biarkan mentah agar saat bumbu digoreng aromanya sangat tajam.
  6. Lada bubuk, secukupnya.
  7. Garam, secukupnya.
  8. Penyedap rasa, secukupnya.

Cara membuat:

  1. Goreng butir 1-4 secara terpisah.
  2. Setelah semua masak, campur dengan butir 5 dan 6, lalu haluskan. Jika dihaluskan dengan blander, pakelah minyak sayur sebagai pelicin. Selain sebagai pelicin juga sebagai pengawet. Ingin lebih awet lagi? Taburkan garam secukupnya kira-kira untuk 8 porsi. Ingin lebih praktis? Masukkan juga penyedap rasa. Semua bumbu harus diaduk rata. Jika dibiarkan lama, minyak akan terpisah. Ambillah untuk campuran menumis agar saat menumis aromanya sudah membuat anda marasa lebih lapar.

Membuat bumbu sudah selesai. Bumbu ini bisa bertahan lebih dari 2 minggu, apalagi kalau disimpan di kulkas. Anda bisa setiap hari makan nasi goreng buatan sendiri. Mantap bukan?

Sekarang kita belajar cara membuat nasi gorengnya. Kita coba membuat 4 piring nasi goreng. Bahan-bahan:

  1. 4 piring nasi, pera lebih baik.
  2. 4 butir telur ayam.
  3. Sayuri-sayuran (Boleh sosin, kol, sawi, atau lainnya sesuai selera Anda).
  4. Isi capuran (Boleh ayam suwir, seafood, daging atau lainnya sesuai selera Anda, yang penting semuanya sudah dalam keadaan masak).
  5. Kecap manis ( saya anjurkan untuk memakai kecap Bango untuk kualitas rasa terbaik, karena saya sudah mencoba berbagai merk kecap manis).
  6. Minyak sayur, secukupnya untuk menumis.
  7. 50% bumbu yang Anda buat di atas.

Cara memasak:

  1. Panaskan wajan dengan api yang cukup, masukkan minyak untuk menumis, lalu masukkan telur. Aduk, buat telor jangan terlalu hancur.
  2. Masukkan bumbu, aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan nasi, sayur-sayuran, dan isi campuran. Besarkan api, aduk sampai benar-benar rata.
  4. Setelah 5-7 menit, masukkan kecap manis, sambal (sesuai selera Anda). kecilkan api, aduk kembali.
  5. Setelah rata dan terlihat agak kering (sekitar 2 menit), matikan api. Sekarang nasi goreng siap menempati posisinya masing-masing diatas piring.

Acar/Asinan

Acar/Asinan juga biasanya dipakai untuk melengkapi makanan ini. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan seperti timun, wortel, bawang merah, dan cabe rawit. Cara membuatnya: timun buang isinya dan potong mirip dadu, wortel bersihkan kulitnya dan potong mirip dadu juga, bawang merah kupas kulitnya dan potong-potong, cabe rawit buang gagangnya. Maukkan semua ke dalam satu wadah, beri air, garam dan cuka secukupnya.

Kerupuk Udang

Pilihlah kerupuk udang untuk melengkapi menu anda. Jika ingin membeli kerupuk udang mentah dan menggorengnya sendiri, pilihlah kerupuk udang dengan merk “Padi Kapas”.

Nasi Goreng

Mie Goreng

Kwetiaw

Catatan:

Untuk membuat MIE GORENG dan KWETIAW, caranya sama dengan cara membuat nasi goreng, bumbu yang dipakai sesuaikan saja dengan porsinya, biasanya tidak sebanyak untuk membuat nasi goreng. Bumbu ini juga bisa anda pakai untuk memasak makanan yang lain.

Selamat berkreasi….!!!

Artikel Terkait:

About these ads

27 Tanggapan to “Resep Bumbu Nasi Goreng, Mie Goreng, Dan Kwetiaw Ala Mas Arul”

  1. bartak said

    ngliat gambrnya langsung dilanda busung kelaparan bro… bikin ngiler….hah

  2. Arulmaster said

    Wah hati-hati Gan. Kalau masuk rumah sakit jangan salahkan saya, hehehe….

  3. zutex lina said

    sangt sangat bermanfaat,
    itu dapat mendahulukan perut yang sudah kosong dan waktu yang mendesak

  4. Arulmaster said

    Benar Gan, bisa dibuat instant.

  5. Budi jaya rahmat said

    Klo buat jualan gmna gan apa resepnya dikalikan aja banyaknya?

  6. Arulmaster said

    Ya, pakai perbandingan, Semoga sukses jualannya.

  7. Anonymous said

    laparrrrrr , hahaha , keren deh mas arul

  8. peminat mas arul said

    ya sangat bermanfaat untuk org yg selalu di landa rasa lapar seperti saya , ;)

  9. peminat mas arul said

    two thumb untuk mas arul atas resipi istimewa nya

  10. Rifky alam syah said

    mas arul..aku ucpin mksh bgt ats artikel nya..aq suka bgt ats artikelnya mas arul,smg brmanfaat bg aq jg shbt yg lain yg ign brwira usha.smg ilmu mas arul Allah blz dg yg lbh smpurna.amin.

  11. Anonymous said

    mas kyaknya uenak banget nasgornya,yuni jdi ngiler….ge sakit gne kyaknya selera dech law mkan nasgor .

  12. Rina said

    Nyobain ah, liat gambarnya aja dah pgen segera maem kwetyo

  13. Anonymous said

    Memang sangat menggiurkan

  14. Anonymous said

    mas thanks yach insyallah aku akan mencobanya doain yach………..

  15. Anonymous said

    Mks bngt tas artkel nya mz arul..!!
    Mga2 brmnfa.at bg q n tmen2 yg mmbcanya amienn…

  16. echa said

    mantap mas, buat berbuka puasa nanti keren neh

  17. Anonymous said

    Mantapz gan resepnya..bermanfaat bnget ni buat perut lapar hehe..

  18. Anonymous said

    Oh qt

  19. Anonymous said

    mantap, boleh dicoba

  20. rina said

    enaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak

  21. Rm davin ortega said

    Mas punya buka warung Nasi goreng ya btw dimana lokasinya nih..?

  22. josser13 said

    mas arul tks atas infonya… sy minta contac personnya ya….. krm di email saya : biai17327@gmail.com… tks

  23. Anonymous said

    siiippp mas arul bagi2 ilmunya yhahhh….

  24. ternyata masak nasi goreng dan mie goreng bumbunya sngat simpel,selama ini aq membuatnya dgn rasa yg tdk karuan sampe aq menemukan resep ini

  25. Arulmaster said

    Semoga bermanfaat, ya….

  26. iman unintended said

    wah,bsa d coba nih.

  27. Anonymous said

    maksh bnyak ya dngn smua resep2 nya?

Apakah artikel di atas bermanfaat? Beri tanggapan Anda pada kolom di bawah ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: